Cabe Rawit Unggul, Cabe Rawit Genie


Cabe Rawit Unggul, Cabe Rawit Genie

Cabe Rawit Unggul, Cabe Rawit Genie

Cabe rawit adalah salah satu jenis cabe yang banyak di budidayakan di Indonesia. Karena cabe rawit atau “Capsicum frutescens” sangat cocok dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman cabe rawit dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 0-500 mdpl. Namun berdasarkan fakta yang diperoleh dari hasil uji lapangan, tanaman cabe rawit dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 mdpl, tetapi tanaman akan tumbuh dengan tidak maksimal, biasanya dalam pertumbuhan tanaman akan terganggu dan pembentukan buah tidak maksimal.
Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis cabe yang dibudidayakan dan sampai saat ini masih menjadi kebutuhan masyarakat luas. Jenis cabe yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu :
  • Jenis cabe besar (Capsium annum L)
  • Cabe merah besar
  • Cabe hijau
  • Jenis cabe rawit (Capsium frutescens)
  • Cabe merah keriting (Capsicum Annum var longum)
  • Jenis cabe hibrida
  • Untuk lebih jelasnya Anda dapat baca artikel mengenai Jenis-Jenis Cabe
Saat akan melakukan budidaya cabe rawit, yang harus diketahui adalah bagaimana sifat dan karakter cabe. Biasanya jenis cabe apapun hampir sama cara budidayanya. Budidaya cabe pada dataran tinggi sebenarnya bisa dilakukan, tanaman cabe juga tetap dapat berbuah namun periode tanam dan panennya sangat minim, kualitas cabe yang dihasilkan juga cenderung kurang bagus. Biji di dalam buah cabenya juga lebih sedikit, bobot buah cabe rawit juga akan berkurang menjadi lebih ringan. Berbeda di bandingkan jika tanaman cabe ditanam di daerah yang di sukainya, tanaman cabe rawit akan tumbuh subur, berbuah lebat dan menghasilkan keuntungan yang lebih optimal.
Akan terasa lebih mudah membudidayakan cabe rawit jika kita mengetahui syarat tumbuh tanamannya seperti yang telah diuraikan diatas, dibandingkan dengan cabe merah besar yang cenderung banyak sekali resikonya. Jika cabe rawit dan cabe besar dibudidayakan secara serentak, kemungkinan hama dan penyakit yang berada di tanaman cabe besar dapat menyerang cabe rawit. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan penanaman kedua jenis cabe ini secara bersamaan.

Cara penyebutan nama cabe rawit pada setiap daerah berbeda-beda, berikut beberapa diantaranya :
Indonesia         : Cabai, cabe merah, lombok gede,  cabe.
Inggris              : Chili pepper
Pilipina             : Siling Haba
Cina                 : la jiao
Kingdom          : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom     : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi      : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Asteridae
Ordo                : Solanales
Famili               : Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus              : Capsicum
Spesies            : Capsicum annum L.

Cabe Rawit Genie, Benih Cabe Rawit Unggul


Benih Cabe Rawit Genie merupakan salah satu produk jenis benih cabe unggulan di Bidang Pertanian  yang di produksi oleh PT. Natural Nusantara (NASA). Karena Benih Cabe Rawit Genie ini memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit tanaman dan cepat beradapatasi dengan lingkungan.
Olehnya sebab itu, buah yang dihasilkan dari Benih Cabe Rawit Genie akan lebih sedikit gagal tumbuh dan menghasilkan hasil panen yang lebih banyak bagi para petani. Sehingga  lebih menguntungkan para petani.
Karena budidaya cabe rawit diawali dengan pemilihan benih. Pemilihan benih merupakan langkah awal yang sangat penting. Jika kondisi benih tidak baik, tentu hasilnya juga tidak baik pula. Akan lebih bagus dan lebih prima hasilnya bila menggunakan benih hibrida atau Open Pollinated (OP) contohnya Benih Cabe Rawit Genie dari NASA ini. Mengapa? Karena pengalaman telah menunjukkan hasil produksi benih hibrida atau varietas Open Pollinated jauh lebih unggul diabandingkan varietas lokal. Tidak hanya dari hasil panennya saja, keunggulan Benih Cabe Rawit Genie juga terlihat dari vigor, keseragaman tanaman, ketahanannya terhadap penyakit serta dapat dipanen pada umur 80-90 hari setelah tanam atau jangka waktu sampai panennya bisa dibilang cukup singkat.. Pertimbangan pemilihan varietas Cabe Rawit Genie ini juga dipengaruhi oleh cukup banyaknya peminat Beni Cabe Rawit Genie ini.

Ciri Cabe Rawit Genie

Benih Cabe Rawit Genie adalah tipe F1 Super dan termasuk dalam jenis Annum. Jenis annum termasuk kelompok cabe dengan ukuran yang besar. Benih Cabe Rawit Genie menghasilkan buah yang sangat lebat, dengan rasa sangat pedas dan berwarna hijau terang. Dan jika sudah waktunya masak, Benih Cabe Rawit Genie memiliki warna merah mengkilap dan mulus. Benih ini juga memiliki sifat tanaman vigor, yaitu mempunyai banyak cabang kesamping yang produktif menghasilkan buah cabe.

Keunggulan Benih Cabe Rawit Genie

  • Merupakan salah satu benih unggul
  • Berbuah tegak dan berbuah kecil
  • Memiliki buah lebat
  • Memiliki banyak cabang ke samping yang produktif
  • Rasa sangat pedas berwarna hijau terang
  • Warna pada saat masak merah mengkilap dan mulus
  • Tahan penyakit layu
  • Merupakan salah satu benih unggulan jenis OP (Open Pollinated)
Dapatkan Benih Cabe Rawit Genie dan Produk Pertanian lainnya untuk hasil panen yang lebih berkualitas, hanya dari distributor resmi PT. Natural Nusantara (NASA).

Manfaat Cabe Rawit


Cabe rawit selain dimanfaatkan sebagai penghasil rasa pedas pada masakan, juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Melalui penelitian yang dilakukan di laboraturium Inggris, berikut beberapa manfaat singkat cabe rawit untuk kesehatan :
  • Mempercepat metabolisme tubuh
  • Meringankan rasa nyeri
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah struk
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Membantu menyembuhkan infeksi
  • Membantu meredakan luka di usus
  • Mencegah kanker
  • Mencegah penuaan
  • Dan lain-lain
Perhatian:
Rasa pedas yang dihasilkan cabe rawit bersifat iritan, sehingga dapat memperparah kondisi sakit lambung kronis. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi cabe rawit. Karena dapat menimbulkan efek samping berupa rasa mulas, sakit prut, diare, sering BAB dan rasa panas pada anus.
Tips:
Jika merasa kepedasan setelah makan cabe rawit, bisa dikurangi dengan segera minum yoghurt atau minum air hangat-hangat kuku. Air hangat seketika seperti menambah rasa pedas, namun kemudian akan lebih cepat meredakannya daripada minum air dingin.



Untuk pemesanan produknya, silahkan hubungi kami Admin Distributor Pupuk Organik Natural Nusantara Kantor Pusat Yogyakarta.
Melayani Pemesanan Via Online dan C.O.D untuk area kota Semarang.

KINERJA KAMI PROFESIONAL
Motto: Anda Transfer Hari Ini, Hari ini Juga Pesanan Kami Kirim.
Cara pemesanan: 
  1. SMS/Telp/WA  untuk konfirmasi Pemesanan 081222593115 / 081901092128
  2. Kemudian akan dihitung jumlah biaya yang harus ditransfer.
  3. Transfer biaya pembelian + bea kirim (bila diperlukan) sesuai dengan pemesanan melalui
    Rekening BRI No Rekening 1058-01-004097-53-8 a/n Abdullah Munir
    BRI Cab. Unit HAMKA NGALIYAN.  atau
     
  4. Rekening BNI : 0414653473  a/n Amalia Fitri Masrury
  5. Konfirmasi Nama dan Alamat pengiriman Via Hp 081901092128 (XL) 081222593115 (Simp)
 

Komentar